Uncategorized

Taiko dan Musashi

Apa kamu orang yang mencintai tidur?

Mungkin.

Terus kenapa belakangan ini sering telat tidur?

Gegara kerjaan.

Yakin?

Kok diam?

Bener juga ya, yang dikatakan orang-orang; “kalau diam itu waktu rehat bagi malaikat pencatat amal.”

Bisa jadi.

Jadi masih tetap yakin, kalau tidur larut belakangan ini cuma karena kerjaan?

*geleng-geleng sama diri sendiri.

Malam makin melarut lho…

*ngeliat jam

Udah tahu, malam ini mau ngimpi apa?

Belum.

Besok mau bangun jam berapa?

Mudah-mudahan suara TOA masjid besok, bisa membangunkanku.

Kenapa nggak pake alarm?

Nggak biasa.

Lagi kangen ya?

Iya, kangen sama buku akt dari Kieso, yang dulu sering kupinjam dari perpus kampus.

Emang isi bukunya apa?

Isinya tentang akt keuangan. Kalau mbaca yang english edition sering nggak mudeng. Mbaca edisi indonesia juga nggak mudeng.

Kok dikangenin?

Kalau nggak mudeng kan jadi pusing. Terus ngerasa males. Nah, abis itu biasanya ada bisikan untuk nutup buku, lalu bukunya dijadiin bantal.

Oh…. *geleng-geleng

Hehe… Buku Kieso ada 3 jilid atau berapa gitu. Harga per-jilid kalau nggak salah 150 ribuan. Tebal buku mirip Musashi-nya Eiji Yoshikawa.

Suka Eiji Yoshikawa juga?

Dulu sempet mbaca dua ebook bajakannya Eiji Yoshikawa; Taiko, dan Musashi. Apa itu bisa disebut suka?

Entahlah.

Banyak sekali yang bisa dipelajari dua buku Eiji Yoshikawa tersebut. Bukunya kutip-able banget;

Taiko

Bagaimana jika seekor burung tak mau berkicau?

Nobunaga menjawab; “Bunuh saja!”
Hideyoshi menjawab; “Buat burung itu ingin berkicau.”
Ieyasu menjawab; “Tunggu.”  

Musashi

“Kita manusia ini semua melihat satu bulan saja, tetapi banyak jalan yang dapat kita tempuh untuk sampai ke puncak yang terdekat dengannya. Kadang-kadang kalau kita tersesat, kita memutuskan untuk mencoba jalan orang lain, tapi tujuan akhirnya menemukan penyempurnaan hidup.”

Tengah malam, 2014

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s