Catatan Harian

Kaleng Oli

Oh… Rasanya kehilangan handphone itu seperti ini ya?
Baiklah, berhubung ini pengalaman pertama, mau tak mau, saya harus sedikit murung, dan bersiap menarik sejumlah uang yang ada ditabungan, untuk membeli ponsel.

Tabungan. Kalau diingat-ingat, kaleng oli bergambar dua kuda laut yang mengapit panji bintang lima adalah “bank pertama”, yang menampung uang recehku selama beberapa tahun. Uang receh yang kusimpan dalam celengan kaleng tersebut antara lain; pecahan koin Rp. 50 bergambar burung merak dan komodo. Pecahan koin Rp. 100 bergambar karapan sapi, gunungan wayang dan rumah gadang. Pecahan koin Rp. 500 bergambar bunga melati. Pecahan koin Rp. 1000 bergambar kelapa sawit. Oia hampir lupa, kecuali pecahan Rp. 100 yang bergambar gunungan dan rumah gadang, semua uang koin yang kusebut, memiliki gambar burung garuda di salah satu sisinya.
Sebenarnya, saya sempat dibelikan celengan ayam berbahan tanah liat, tetapi pecah gegara tak buat mainan. Jadi, ketika teman-temanku menabung dicelengan ayam, babi, gajah, dan macan setinggi setengah meter, saya mesti menabung dicelengan kaleng merah bermerek “mesran”. Mungkin itu sebuah pesan, jika di masa depan saya punya uang yang jumlahnya mencukupi, uang tersebut harus saya investasikan di PT. Pertamina, atau perusahaan minyak lain semacam Petronas.

Setelah bosan dengan celengan kaleng, buku tulis adalah bank tempat kumenabung, sampai lulus kuliah. Sebenarnya, pas kuliah sudah punya rekening bank, tapi cuma kupakai untuk membayar uang semesteran.

Murung itu sungguh indah…” tutur Band Efek Rumah Kaca.
Lain lagi dengan surayah yang bertutur; “Jangan sedih. Kalau sedih nanti rugi, karena kita dilahirkan oleh sebab orang tua yang bersenang-senang”.

Untungnya, cuma hape yang hilang, jadi bisa beli lagi. Coba kalau yang hilang itu nyawa, cuma bisa disholati kan?”

Maret, 2014

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s